Rumah Islam

Mari Bersama Belajar dan Membangun Islam

Wednesday, Oct 22nd

Last update:12:28:51 AM GMT

You are here: Informasi dan Iptek Pengobatan Mengobati Demam

Mengobati Demam

E-mail Cetak PDF
Disebutkan di dalam Ash-Shahihain, dari Nafi', dari Ibnu Umar, bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
 
"Sesungguhnya demam atau panas badan yang sangat tinggi itu berasal dari luapan Jahannam. Maka dinginkanlah ia dengan air."
Orang yang tidak mengerti ilmu kedokteran menganggap janggal hadits ini dan menganggapnya meniadakan fungsi obat demam. Dapat kami jelaskan, bahwa seruan beliau itu ada dua versi : Bersifat umum bagi semua penduduk bumi dan bersifat khusus bagi sebagian di antara mereka. Seruan yang bersifat umum sangat banyak. Sedangkan seruan yang bersifat khusus seperti seruan untuk tidak buang air kecil atau besar dengan menghadap ke arah barat dan timur, yang berarti menghadap ke arah kiblat. Tapi seruan ini tidak berlaku bagi penduduk Irak dan Marokko atau lainnya. Jika hal ini sudah dipahami, berarti seruan beliau ini tertuju kepada penduduk Hijaz dan sekitarnya, sebab demam yang seringkali dialami di sana hampir setiap hari, karena panas matahari yang cukup menyengat. Maka air yang dingin cukup efektif untuk menghilangkan demam itu, baik diminum maupun digunakan untuk mandi.
Tentang sabda beliau, "Berasal dari luapan neraka", terjadi karena jilatannya yang berkobar-kobar dan menyebar luas. Bisa jadi hal ini dimaksudkan sebagai contoh atau sekilas perumpamaan tentang Jahannam, agar manusia mengambil pelajaran. Allah menetapkan kemunculan demam itu dengan sebab yang memungkinkan, sebagaimana rasa senang, gembira dan nikmat yang berasal dari nikmat surga. Tapi boleh jadi yang dimaksudkan adalah penyerupaan. Dengan kata lain, beliau menyerupakan panasnya demam itu dengan luapan neraka Jahannam. Hal ini dimaksudkan sebagai peringatan bagi manusia tentang pedihnya siksa neraka.

Ref : Zaadul Maad, Ibnu Qayim Jauziyah